Jumat, 29 Mei 2015

HILANGNYA BUDAYA DAHULU

Hai readers.
Hari ini gue akan membagi postingan gue mengenai hal yang sedang terjadi dilingkup kehidupan kita. Ada yang pernah dengar kata "globalisasi"?
Yaps,kalo ada yang belum mari kita bahas dibawah ini ya guys
                                                        sumber: www.google.com
Ketika kalian searching di internet mengenai pengertian globalisasi pasti akan banyak yang keluar mengenai arti tersebut. Tapi, hampir disemua blog menjelaskan secara sama. Nahloh, copas kah mereka? Hehehe. Lupain mengenai itu ya guys.
Gue akan membahas mengenai kebudayaan di Indonesia yang mulai memudar dikarenakan masuknya ranah globalisasi. Tetapi sebelumnya gue akan membahas pengertian globalisasi terlebih dahulu.
Globalisasi merupakan suatu keadaan dimana masuknya budaya luar secara mudah dan begitu transparan. Saking mudah dan transparannya membuat masyarakat begitu dimanjakan sehingga mereka lupa untuk melakukan hal yang biasa mereka lakukan.
Buat contoh nih guys. Saling sapa terhadap teman, kerabat dan sebagainya. Inget gak guys? Waktu dulu, semasa kita (gue mungkin) menginjak sekolah dasar dan menengah pertama, saling sapa itu sering banget kita lakuin. Lihat yang dikenal disapa. tanpa terkecuali.
But now, semua itu kian lama kian hilang dikarenakan masyarakat yang sibuk. Bukan karena belajar tau bekerja guys, tetapi karena sibuk untuk melihat aktivitas di gadget masing-masing.
Lalu contoh yang kedua adalah, mengecilnya sikap tolong menolong antar masyarakat. Sebagai contoh, ketika ada seorang ibu yang lagi bawa barang belanjaan dan jatuh, banyak masyarakat yang "hanya" menonton atau melihat kejadian itu dan sedikit yang membantu. Dikarenakan masyarakat yang menganggap bahwa mereka bisa hidup tanpa meminta bantuan guys. Sedih ya..
Untuk itu, daripada kita hanya mengomentari yang ada didepan mata kita, ada baiknya kita memperbaiki diri kita masing-masing agar tidak termasuk ke dalam kategori tersebut:3


Tidak ada komentar:

Posting Komentar