Jumat, 24 Maret 2017

SENADO SQUARE - MACAU

Studi Ekskursi #5

                Kembali dengan keindahan - keindahan tempat wisata di Kota Macau. Setelah sebelumnya telah membahas beberapa tempat di Macau, sekarang kita akan membahas tempat terbaik yang berada di hongkong kembali. Senado Square. Senado Square merupakan area wilayah untuk masyarakat berkumpul yang berada di Macau. Secara umum masyarakat Indonesia dapat menyebutnya sebagai Alun - Alun Senado. Senado Square terletak di daerah pusat semenanjung Macau. Kawasan seluas 3.700 meter persegi ini pada tahun 2005 resmi masuk ke dalam daftar warisan dunia UNESCO karena merupakan bagian dari pusat sejarah Macau.
              Senado Square dibangun pada 1918 untuk menghubungkan Praira Grande dengan pelabuhan. Lapangan dengan air mancur ini dulunya kerap digunakan oleh pemerintah kolonial untuk menunjukkan kekuatan dan kekuasaan militer mereka. Bangunan-bangunan yang ada di Senado Square berlekuk khas Portugis, menjulang megah di kanan kiri lapangan. Sebagian besar bangunan berwarna pastel. Macau yang menjadi daerah administrasi khusus dari China sejak Desember 1999 ini, memang bekas jajahan Portugis. Senado Square atau Senate Square atau dalam bahasa Portuguese "Largo do Senado" merupakan salah satu tempat yang paling ramai dikunjungi pelancong di Macau. Lantai dan jalan dibuat dari batu berpola gelombang yang sangat cantik. 


              Jejak sejarah di Senado Square memang sangat terasa dari arsitektur bangunan yang didominasi gaya Portugis yang sempat menjajah Makau. Selain pertokoan, disini juga terdapat Gereja St. Dominic. Pada tahun 1940, kawasan ini berdiri sebuah patung prajurit Portugis bernama Mesquita. Dialah yang bertanggungjawab atas kematian tentara China selama peperangan dengan Dinasti Qing (1644-1911). Namun sejak dihancurkan oleh orang-orang China, kini patung tersebut sudah berganti dengan air mancur. Inilah mengapa, kawasan Senado Square sering juga disebut “The Fountain” atau “air mancur”. Saat masih dikuasai Portugis, kawasan Senado Square merupakan tempat sebagai ajang untuk memamerkan kekuatan militer. Gubernur setempat sering mengadakan upacara militer dan pelantikan kepolisian di tempat ini.
               Menurut salah satu sumber yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan adalah pusat perbelanjaan dan restoran tradisional China yang berada di sekitar kawasan Senado Square. Mode pakaian, makanan ringan dan lingkungan yang indah membuat kawasan ini menjadi daya tarik tersendiri. Kembang api dan barongsai biasanya diadakan pada hari-hari khusus seperti Festival Musim Semi China dan Hari Natal.

               Di Senado Square ada pemandangan unik yang bisa Anda lihat di pagi hari, yakni antrean orang untuk mendapatkan koran gratis. Mereka dengan sabar berjajar untuk menerima surat kabar secara cuma-cuma agar bisa menikmati kabar seputar Makau dan kejadian penting lainnya di dunia.



Sumber:
http://cina.panduanwisata.id/macau/nongkrong-dan-jalan-jalan-di-senado-square/
http://sheilla-s.blogspot.co.id/2017/03/senado-square-macau.html
http://jrrny.com/wp-content/uploads/journeys/jahangiralam758101/bf30021c5febb50c53c9be89077d9215.jpg
https://img-wishbeen.akamaized.net/plan/1391581475275_macau.jpg
https://jejakvicky.files.wordpress.com/2011/12/4792493031_bbbbc2dfe6_z.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar