Minggu, 19 Maret 2017

SEJARAH AVENUE OF STARS - HONG KONG

STUDI EKSKURSI #2

               Hong Kong merupakan salah satu negara yang terkenal dan memiliki banyak pengunjung yang datang dari seluruh dunia. Hong Kong sendiri memiliki berbagai kota - kota di dalamnya. Salah satu kota yang terkenal di Hong Kong adalah Kawloon. Kawloon merupakan kawasan perkotaan yang sangat terkenal di Hong Kong. Terdiri dari semenanjung Kawloon dan New Kawloon. Kota Kawloon memiliki penduduk yang cukup padat yaitu sekitar 2.019.533 orang dengan 43.033/km². Di wilayah Kawloon ini terdapat beberapa area yang sangat terkenal dan bias dikatakan bahwa Kawloon merupakan One of Vocal Point in Hong Kong. Salah satu area yang terkenal disini yaitu Avenue Of Stars.
               Avenue Of Stars merupakan kawasan pejalan kaki yang memiliki panjang sekitar 440 meter yang berada tepat di tepi pelabuhan di daerah Tsim Sha Tsui East. Pada awalnya New World Group membuat area pejalan kaki ini di Tahun 1982. Namun setelah berjalannya Waktu akhirnya pendestrian ini tidak monoton begitu saja namun akan dibuat sebagai salah satu ikon di Negara Hong Kong ini. Akhirnya pada Tahun 2003 pemerintah mengumumkan akan membuat Hollywood Walk of Frame versi Hong Kong. Dimana area ini akan dijadikan tempat yang terdapat patung - patung artis / seniman yang terkenal dari Hong Kong. Tidak hanya patung saja melainkan terdapat handprint dan footprint. Bahkan di beberapa kota nama artis / seniman terdapat tanda tangan juga. Pembangunan ini awalnya didukung oleh beberapa pemerintahan di Hong Kong diantaranya Hong Kong Tourism Board, Tourism Commision, Leisure and Cultural Services Department. Terdapat juga dukungan dari Hong Kong Film Awards Association. Tempat ini dibangun kurang lebih dalam Waktu setahun yang pada tanggal 27 April 2004 dilakukan upacara pembukaan Avenue of Stars yang dihadiri oleh beberapa pemerintah dan seniman. Lalu pada tanggal 28 April 2004 area ini resmi buka untuk umum.
               Di area Avenue Stars terdapat beberapa patung seniman terkenal diantaranya Bruce Lee, Jackie Chan, Lai Man Wai, dan lain sebagainya. Pada awal pembukaannya hanya terdapat 73 patung saja yang berada di area pejalan kaki ini. Namun seiring berjalannya Waktu terdapat penambahan - penambahan seniman yang dipilih oleh Hongkong Film Awards Association dan para pembaca dari City Entertainment.
               Menurut sumber area yang berada di sepanjang jalan Victoria Harbour ini direnovasi dalam kurun Waktu 11 tahun. Maka dari itu tahap renovasi sudah dimulai sejak Tahun 2016 dan diperkirakan akan selesai hingga Tahun 2018. Maka dari itu area ini untuk sementara Waktu ditutup untuk umum dan dapat digunakan kembali hingga tahap renovasi telah selesai.



sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Avenue_of_Stars,_Hong_Kong
http://his-travel.co.id/hongkong/wisata-10/kowloon
http://www.kompasiana.com/witarifol/avenue-of-stars-tanda-penghargaan-pemerintah-hong-kong-terhadap-pelaku-perfilman_550ec6e78133111232bc5fae
https://media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-s/02/4a/d8/59/hk-skyline-in-front-of.jpg
http://static.thousandwonders.net/Avenue.of.Stars.original.11042.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar