Minggu, 19 Maret 2017

SEJARAH KOTA MACAU

STUDI EKSKURSI #1

               Macau merupakan salah satu kota dari Negara Cina. Di dalam kota macau sendiri terdapat beberapa daerah diantaranya Tanjung Macau (Macau Peninsula), Taipa, dan Kepulauan Coloane. Namun semakin berkembangkan zaman Macau akhirnya membuat pulau reklamasi sebagai tempat penginapan atau tempat tinggal yang dinamakan dengan Cotai.
               Pada awalnya terdapat Pelaut Fuji dan Petani Guangdong yang merupakan orang yang pertama kali tinggal di tempat tersebut. Pada zaman itu orang - orang mengenalnya dengan nama "OU MUN / A MA GAO / A MA" atau "Gerbang Perdagangan" karna lokasinya yang berada di wilayah hilir Sungai Pearl dari Guangzhou. Karna secara garis besar Kota Macau merupakan kota yang perletakkannya sangat pas untuk dijadikan tempat berjualan sutra maka pada zaman tersebut banyak sekali kapal - kapal sutra yang singgah disana dari Roma. Karna lokasi yang strategis maka orang Portugis bekerja sama dengan masyarakat tersebut untuk berdagang sutra. Penetapan bangsa Portugis datang ke wilayah tersebut sejak tahun 1550-an. Karna pemberian nama wilayah tersebut Ou mun / A Ma Gao / A ma dari masyarakat setempat yang dijadikan lambang sebagai penghomatan kepada Dewi Laut (Kuil Dewi Laut berdiri di pintu masuk pelabuhan dalam) maka akhirnya Bangsa Portugis dengan berjalannya Waktu memberikan nama tersebut dengan nama "Macau" namun tidak lupa untuk meminta persetujuan dari Penguasa Guangdong. Akhirnya nama "Macau" pun disetujui oleh penguasa wilayah Guangdong dan seiring berjalannya Waktu membuat Kota Macau dijadikan sebagai pintu gerbang Terkemuka antara Cina, Jepang, dan Eropa. Bangsa Portugis sebenarnya sempat tersaingi oleh hadirnya Bangsa dari Negara Belanda dan Inggris yang datang ke Cina. Namun dalam hal kerja sama dibidang Sutra, Macau tetap mempertahankan kerja samanya tersebut dengan Portugis kurang lebih 1 abad atau 100 tahun lamanya. Bangsa Portugis ini menjualkan barang dagangannya di ruko - ruko yang dinamakan dengan Casa Garden yang sangat elegan.
               Dilain hal Kota Macau juga dijadikan sebagai tempat bertemunya Kebudayaan Timur dan Barat. Perpaduan ini diterapkan sangat indah pada Arsitektur bangunan, kebudayaan, serta makanan yang tersaji disana. Disana juga terdapat beberapa peninggalan dari bangsa Portugis berupa Gereja St Paul.
               Macau ini menjadi Daerah Administratif Khusus Republik Rakyat China sejak 20 Desember 1999 dan menjadi wilayah otonomi tinggi di bawah prinsip "Satu Negara, Dua Sistem". Pada tahun 2005, Pusat Sejarah Macau tertulis di Daftar Warisan Dunia atau UNESCO sebagai hasil lansekap yang unik sejarah dan budaya. Macau kini sudah menjadi tempat wisata bertaraf internasional yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang sangat mendukung untuk wisatawan local maupun asing mulai dari penginapan yang berkelas hingga tempat - tempat indah yang dapat memanjakan penikmatnya disana.



sumber:
http://fhandypandey.com/china/ingin-liburan-ke-macau-berikut-sejarah-singkat-kota-jajahan-portugis-ini.html
https://yupyupzone.wordpress.com/2013/02/25/sejarah-singkat-kota-macau/
http://www.forgedbyims-research-competition.com/wp-content/uploads/2015/10/6-informasi-macau.jpg
http://www.studiocity-macau.com/uploads/images/SC/bg-home.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar