Sabtu, 23 Januari 2016

Arsitektur dan Lingkungan: Sistem Pemipaan Limbah Air bekas, Air Hujan, dan Air Kotor Sekolah

TUGAS KELOMPOK

LATAR BELAKANG
Utilitas berasal dari kata utility yang berarti penggunaan atau keperluan. Secara Arsitektural Utilitas berarti sistem penempatan jaringan distribusi suatu bangunan atau pemanfaatan instalasi bangunan. Untuk dapat berfungsi dengan baik suatu bangunan harus dilengkapidengansystem utilitas atau building utility.
Kata Sekolah berasal dari bahasa latin, yaitu skhhole, scola, scolae atau skholayang berarti waktu luang atau waktu senggang. Sekolah adalah kegiatan di waktu luang bagi anak-anak di tengah kegiatan mereka yang utama, yaitu bermain dan menghabiskan waktu menikmati masa anak-anak dan remaja. Menurut Sunarto pada saat ini kata sekolah telah berubah artinya menjadi bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat memberi dan menerima pelajaran. Setiap sekolah dipimpin oleh seorang kepala sekolah dan kepala sekolah dibantu oleh wakilnya. Bangunan sekolah disusun secara meninggi untuk memanfaatkan tanah yang tersedia dan dapat diisi dengan fasilitas yang lain. Ketersediaan sarana pada suatu sekolah memiliki peranan penting dalam terlaksananya proses pendidikan. 
Sebagai tempat yang penting bagi kegiatan belajar mengajar, maka sistem utilitas seperti air bersih, air kotor, dan air hujan pada sekolah haruslah tertata dengan baik dan benar agar tidak mengganggu kenyamanan para penghuni/ pengguna sekolah tersebut.

TUJUAN PENULISAN
1.      Memahami proses pembuangan, pengelolaan, dan macam-macam air limbah pada bangunan sekolah.
2.      Memahami sistem pembuangan air hujan, air bekas, dan air kotor.

DATA SEKOLAH
Nama Sekolah
:
Lycee International Francais School Jakarta
Alamat Sekolah
:
Jl. Cipete Dalam No. 32, Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12410
Luas Tanah/Lahan
:
± 1121,5 m2
Luas Bangunan
:
± 700 m2

NO.
NAMA RUANGAN/BANGUNAN
JUMLAH
1.
Ruang Kelas
4
2.
Perpustakaan
1
3.
R. Lab. Komputer
1
4.
R. Guru
1
5.
R. Olahraga
1
6.
R. Gudang
1
7.
R. Tidur
1
8.
WC/Toilet
6

MAPPING / LAYOUT BANGUNAN
Denah Lantai Dasar


Denah Lantai 1


Instalasi Air Bekas dan Kotor Lantai Dasar


Instalasi Air Bekas dan Kotor Lantai 1

ANALISA MASALAH
Pada bangunan sekolah yang telah diidentifikasi dapat dilihat sebuah masalah dimana pipa pembuangan pada air kotor berbelok lebih dari 30° yang akan menyebabkan penyumbatan pada saluran pembuangan limbah toilet, hal ini juga ditambah dengan masalah lain yaitu tidak adanya bak kontrol untuk membenahi masalah penyumbatan tersebut.

Masalah lainnya juga terdapat pada system pembuangan air bekas. Dalam bangunan sekolah system pembuangan air langsung menuju pada drainase yang akan berakhir pada pembuangan akhir atau sungai dimana limbah seperti ditergen dari sabun yang sulit diuraikan akan langsung dialirkan ke sungai hal ini akan memberikan dampak buruk bagi lingkungan.

Dalam bangunan sekolah juga tidak terdapat sumur resapan. Sumur resapan sangat bermanfaat unutuk menjaga kelestarian lingkungan seperti:
  1. Menambah jumlah air dalam tanah. Tambahan air ini sedikit banyak dapat mencegah intuisi air laut.
  2. Dengan semakin banyaknya air yang masuk ke tanah melalui sumur resapan pori-pori tanah akan terisi oleh air dan akan mempertahankan tinggi muka air tanah. Saat kemarau datang, diharapkan permukaan air tanah tidak terlalu turun drastis.
  3. Dengan adanya pengaturan aliran air, diharapkan pencemaran air tanah dapat ditekan serendah mungkin.
  4. Sumur resapan mampu menampung dan mengurangi beban atau volume air yang masuk ke drainase sehingga dapat mencegah terjadinya banjir dari sungai yang ada di sekitar lingkungan sekolah.



Sumber: 
http://aimyaya.com/id/lingkungan-hidup/8-manfaat-pembuatan-sumur-resapan/
(http://www.pengertianpakar.com/2015/03/sekolah-apa-itu-sekolah_7.html#_)
(http://blogs.upnjatim.ac.id/utilitas/2007/02/05/pengertian-utilitas/)

Nama Kelompok:
Andrea Lorensa (21314122)
Annisa Fitri Aryandha (21314364)
Bagus Rizki Kurnia (22314002)
Elsa Dewi Rahma (23314521)
Hana Khairunnisa (24314724)
Hasya Azka Pudjadi (24314853)
Maya Eka Yustiani (26314503)
Sari Corry Maylani (2A314053)
Kelas: 2TB01
Mata Kuliah: Arsitektur dan Lingkungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar