TUGAS KELOMPOK
LATAR BELAKANG
LATAR BELAKANG
Utilitas berasal dari kata utility yang berarti
penggunaan atau keperluan. Secara Arsitektural Utilitas berarti sistem
penempatan jaringan distribusi suatu bangunan atau pemanfaatan instalasi
bangunan. Untuk dapat berfungsi dengan baik suatu bangunan harus
dilengkapidengansystem utilitas atau building utility.
Kata Sekolah berasal dari bahasa latin, yaitu skhhole,
scola, scolae atau skholayang berarti waktu luang atau waktu senggang. Sekolah
adalah kegiatan di waktu luang bagi anak-anak di tengah kegiatan mereka yang
utama, yaitu bermain dan menghabiskan waktu menikmati masa anak-anak dan
remaja. Menurut Sunarto pada saat ini kata sekolah telah berubah artinya
menjadi bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat memberi
dan menerima pelajaran. Setiap sekolah dipimpin oleh seorang kepala sekolah dan
kepala sekolah dibantu oleh wakilnya. Bangunan sekolah disusun secara meninggi
untuk memanfaatkan tanah yang tersedia dan dapat diisi dengan fasilitas yang
lain. Ketersediaan sarana pada suatu sekolah memiliki peranan penting dalam
terlaksananya proses pendidikan.
Sebagai tempat yang penting bagi kegiatan belajar
mengajar, maka sistem utilitas seperti air bersih, air kotor, dan air hujan
pada sekolah haruslah tertata dengan baik dan benar agar tidak mengganggu
kenyamanan para penghuni/ pengguna sekolah tersebut.
TUJUAN PENULISAN
1.
Memahami
proses pembuangan, pengelolaan, dan macam-macam air limbah pada bangunan
sekolah.
2.
Memahami
sistem pembuangan air hujan, air bekas, dan air kotor.
DATA SEKOLAH
Nama
Sekolah
|
:
|
|
Alamat
Sekolah
|
:
|
Jl.
Cipete Dalam No. 32, Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota
Jakarta 12410
|
Luas
Tanah/Lahan
|
:
|
±
1121,5 m2
|
Luas
Bangunan
|
:
|
±
700 m2
|
NO.
|
NAMA
RUANGAN/BANGUNAN
|
|
1.
|
Ruang
Kelas
|
|
2.
|
Perpustakaan
|
1
|
3.
|
R.
Lab. Komputer
|
1
|
4.
|
R.
Guru
|
1
|
5.
|
R.
Olahraga
|
1
|
6.
|
R.
Gudang
|
1
|
7.
|
R.
Tidur
|
1
|
8.
|
WC/Toilet
|
6
|
MAPPING
/ LAYOUT BANGUNAN
Denah
Lantai 1
ANALISA
MASALAH
Pada bangunan sekolah yang telah diidentifikasi dapat dilihat sebuah
masalah dimana pipa pembuangan pada air kotor berbelok lebih dari 30° yang akan menyebabkan penyumbatan pada saluran
pembuangan limbah toilet, hal ini juga ditambah dengan masalah lain yaitu tidak
adanya bak kontrol untuk membenahi masalah penyumbatan tersebut.
Masalah lainnya juga terdapat pada system pembuangan air bekas. Dalam
bangunan sekolah system pembuangan air langsung menuju pada drainase yang akan
berakhir pada pembuangan akhir atau sungai dimana limbah seperti ditergen dari
sabun yang sulit diuraikan akan langsung dialirkan ke sungai hal ini akan
memberikan dampak buruk bagi lingkungan.
Dalam bangunan sekolah juga tidak terdapat sumur resapan. Sumur resapan
sangat bermanfaat unutuk menjaga kelestarian lingkungan seperti:
- Menambah jumlah air dalam tanah. Tambahan air ini sedikit banyak
dapat mencegah intuisi air laut.
- Dengan semakin banyaknya air yang masuk ke tanah melalui sumur
resapan pori-pori tanah akan terisi oleh air dan akan mempertahankan
tinggi muka air tanah. Saat kemarau datang, diharapkan permukaan air tanah
tidak terlalu turun drastis.
- Dengan adanya pengaturan aliran air, diharapkan pencemaran air
tanah dapat ditekan serendah mungkin.
- Sumur resapan mampu menampung dan mengurangi beban atau volume air
yang masuk ke drainase sehingga dapat mencegah terjadinya banjir dari
sungai yang ada di sekitar lingkungan sekolah.
http://aimyaya.com/id/lingkungan-hidup/8-manfaat-pembuatan-sumur-resapan/
(http://www.pengertianpakar.com/2015/03/sekolah-apa-itu-sekolah_7.html#_)
(http://blogs.upnjatim.ac.id/utilitas/2007/02/05/pengertian-utilitas/)
Nama Kelompok:
Andrea Lorensa (21314122)
Annisa Fitri Aryandha (21314364)
Bagus Rizki Kurnia (22314002)
Elsa Dewi Rahma (23314521)
Hana Khairunnisa (24314724)
Hasya Azka Pudjadi (24314853)
Maya Eka Yustiani (26314503)
Sari Corry Maylani (2A314053)
Andrea Lorensa (21314122)
Annisa Fitri Aryandha (21314364)
Bagus Rizki Kurnia (22314002)
Elsa Dewi Rahma (23314521)
Hana Khairunnisa (24314724)
Hasya Azka Pudjadi (24314853)
Maya Eka Yustiani (26314503)
Sari Corry Maylani (2A314053)
Kelas: 2TB01
Mata Kuliah: Arsitektur dan Lingkungan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar