Rabu, 15 Oktober 2014

ILMU SOSIAL DASAR

Nama : Sari Corry Maylani
NPM : 2A314053

PENDUDUK, MASYARAKAT, DAN KEBUDAYAAN
Banyak spekulasi mengenai pengertian penduduk, masyarakat, dan kebudayaan. Mulai dari para ahli, guru atau dosen yang sedang mengajar dikelas, ataupun orang awam sekalipun yang membuat karangan itu sendiri. Didalam blog ini, saya akan membagikan pengertian mengenai penduduk, masyarakat, dan kebudayaan secara umum. Selamat menyimak dan semoga anda senangJ
MASYARAKAT
Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup atau semi terbuka. Dalam bahasa latin, arti masyarakat itu sendiri adalah hubungan persahabatan dengan yang lain.
KEBUDAYAAN
Kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu “budh” yang berarti akal, kemudian menjadi “budhi” atau “budhaya”. Sehingga kebudayaan diartikan sebagai hasil pemikiran atau akal manusia.  Tetapi secara umum pengertian dari kebudayaan adalah segala daya dan aktivitas manusia untuk mengolah dan mengubah alam”
Naah, itu semua adalah pengertian-pengertian yang saya ambil secara umum. Lalu, adakah hubungannya antara penduduk, masyarakat, dan kebudayaan? Absolutely, YES!
Oke, sekarang kita mulai membahas mengenai hubungan kedua kata tersebut.
HUBUNGAN MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN
Dari pengertian diatas kita dapat menyimpulkan bahwa diri kita masing-masing pun sesungguhnya dikategorikan sebagai masyarakat. Pada umumnya, setiap masyarakat memiliki karakter yang berbeda-beda. Sehingga pada beberapa kejadian, beberapa masyarakat kurang merasa cocok dengan masyarakat yang lain. Tapi dengan adanya kebudayaan, masyarakat satu dengan yang lain pun bisa menyatu atau bahkan saling berdampingan. Seperti contoh foto dibawah ini

Didalam foto ini dijelaskan ada beberapa wanita yang sedang berkumpul dan memutuskan untuk berfoto bersama (selfie). Mereka memiliki karakter yang berbeda-beda tetapi akhirnya mereka bisa bersatu. Itu semua dikarenakan salah satu perilaku yang saat ini sudah dijadikan kebudayaan yaitu foto bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar