Sabtu, 26 November 2016

Taman Bundaran Kopassus, Cijantung - Jakarta Timur


       Jakarta merupakan salah satu kota yang memiliki kepadatan penduduk yang cukup tinggi. Dengan banyaknya penduduk ini membuat segala sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh masyarakatnya sebisa mungkin akan selalu dikembangkan. Termasuk salah satu sarana dan prasarana yang masih sedikit di Jakarta adalah adanya taman - taman untuk bermain ataupun bersantai dipagi atau sore hari.

           Namun tahukah kamu? Bahwa sebenarnya terdapat wilayah yang pepohonannya cukup banyak dan fasilitas untuk tamannya pun telah disediakan di wilayahnya. Kalian bisa melihat itu di Wilayah Cijantung, Jakarta Timur. Mungkin mayoritas dari kalian banyak yang sudah mengetahui Wilayah CIjantung ini. Ya, wilayah Cijantung memang pada umumnya dikenal karena banyaknya markas - markas kopassus disana. Surganya para kopassus tinggal dan menyimpan alat - alatnya. Namun dilain hal, kopassus juga menata jalan di areanya selalu dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun sehingga terkadang ketika siang hari matahari bersinar dengan begitu terik, namun kita masih bisa merasa nyaman untuk berada diluar dikarenakan adanya pohon - pohon besar yang menghalangi sinar matahari dan membuat masyarakat terasa nyaman dan tidak terasa panas.


      Disisi lain, kopassus juga menyediakan sarana dan prasarana taman bundaran yang dapat digunakan untuk aktivitas umum. Taman ini dinamakan Taman bundaran kopassus. Seperti namanya, taman ini terletak persis di bundaran setiap pertemuan. Sebenarnya taman ini terdapat 2 bagian. Satu taman yang memiliki sclupture kumpulan prajurit kopassus, satu lagi taman yang lebih kecil memiliki jam dinding yang berdiri sekitar 3.5 meter dari permukaan tanah. Taman bundaran kopassus ini selain dijadikan sebagai "icon" dari Wilayah Cijantung namun dijadikan juga sebagai area kumpul - kumpul masyrakatnya. Terdapat berbagai macam komunitas yang setiap minggunya rutin untuk mengadakan perkumpulan di taman bundaran kopassus ini. Seperti komunitas reptil, komunitas beatbox, komunitas sepeda unik, dan lain - lain. Untuk dihari minggu paginya, Wilayah ini rutin mengadakan car free day dan senam di taman bundaran kopassus ini. Jadi terkadang suka mengalami kemacetan disana pada weekend paginya. Disekitar taman bundaran kopassus juga terdapat segala fasilitas yang cukup mendung segala aktivitas untuk masyarakatnya. Terdapat kios - kios makanan, kios toko buku, klinik kesehatan, Mall Cijantung, Tempat santai "Pojok Cijantung", gereja, hutan kota, dan lain -lain.

          Melihat kejadian ini, kita dapat menyimpulkan bahwa taman bundaran kopassus ini merupakan jantung dari Wilayah Cijantung. Kita bisa membayangkan jika taman ini hilang begitu saja. Mungkin dapat membuat masyarakatnya terasa bingung untuk berkumpul dimana yang dekat dengan wilayah rumah mereka.

       Namun, sesempurnanya sesuatu hal (dalam hal ini taman) pasti memiliki sesuatu yang bisa dijadikan sebagai kekurangannya. Seperti pada taman bundaran kopassus ini, walaupun segala sesuatunya cukup menunjang namun sebenarnya taman bundaran kopassus ini masih perlu perbaikan lagi. Ada beberapa yang terlihat butuh perbaikan dan penambahan lagi.


1. Pada taman bundaran kopassus, terdapat banyak pot - pot yang terbuat dari material semen ini berisikan tanaman bunga dan ternyata pot - pot tersebut sudah retak bahkan pecah.



2. Alas dari area taman bundaran kopassus ini terbuat dari material pavin blok namun ada yang sudah berlumut sehingga butuh dibersihkan lagi.



3. Didekat sclupture prajurit kopassus juga terdapat kolam kecil yang airnya sudah keruh dan ada sampah yang tergenang. Dan sepertinya air mancur yang dahulu digunakan pun sudah tidak bisa untuk digunakan kembali.



4. Tidak adanya fasilitas taman bermain anak. Hal ini yang bisa dilihat dengan seksama. Banyak sekali anak - anak kecil yang datang disetiap minggunya bersama kedua orang tua atau keluarga besarnya namun hanya makan, berlari, main bola kecil, dan diam. Fasilitas anak seperti permainan ayunan, perosotan, jungkat - jungkit, dan sebagainya tidak. Sehingga perlu ditambahkan kembali fasilitasnya.





5. Dan pada malam hari, lampu penerangan yang berada di sekitar taman bundaran cijantung ini tidak terlalu terang bahkan cenderung masih gelap.


Dengan adanya kekurangan ini semoga dengan berjalannya waktu akan terealisasi dengan baik dan semoga kita sebagai masyrakatnya pun dapat terus menjaga taman bundaran kopassus,Cijantung ini agar tetap bersih dan rapih;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar