Jumat, 21 November 2014

ILMU SOSIAL DASAR #2

PELAPISAN SOSIAL DAN KESAMAAN DERAJAT
Nama  : Sari Corry Maylani
NPM    : 2A314053
Kelas    : ITB05


Pelapisan Sosial
Masyarakat terbentuk dari individu-individu. Individu-individu yang terdiri dari berbagai latar belakang tentu akan membentuk suatu masyarakat heterogen yang terdiri dari kelompok-kelompok sosial. Dengan adanya atau terjadinya kelompok sosial ini maka terbentuklah suatu pelapisan masyarakat atau terbentuklah masyarakat yang berstrata.

Kesamaan Derajat
Sifat perhubungan antar manusia dan lingkungan masyarakat pada umumnya adalah timbal balik, yang berarti orang tersebut sebagai anggota masyarakatnya mempunyai hak dan kewajiban baik terhadap masyarakat maupun terhadap Pemerintah dan Negara.
 
Penjelasan: Di dalam 2 gambar tersebut terdapat seseorang yang sedang melakukan transaksi jual beli di dalam sebuah pasar tradisional dan pasar modern. Disini dijelaskan adanya pelapisan sosial yang menandakan kategori-kategori masyarakat menegah atas sajalah yang selalu dominan untuk bertansaksi dipasar modern. Tetapi dibalik itu semua mereka mempunyai kesamaan derajat yaitu sama-sama ingin  bertransaksi untuk mendapatkan sesuatu yang ingin mereka dapatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar