Jumat, 21 November 2014

ILMU SOSIAL DASAR #2

MASYARAKAT PEDESAAN DAN MASYARAKAT PERKOTAAN
Nama : Sari Corry Maylani
NPM : 2A314053
Kelas : 1TB05
 
 
Masyarakat Perkotaan
Masyarakat perkotaan sering disebut juga sebagai "urban community". Pengertian masyarakat kota lebih ditekankan pada sifat-sifat kehidupannya serta ciri-ciri kehidupannya yang berbeda dengan masyarakat pedesaan.
Perhatian khusus masyarakat kota tidak terbatas pada aspek-aspek seperti pakaian, makanan dan perumahan, tetapi mempunyai perhatian lebih luas lagi.
 
 
Masyarakat Pedesaan
Yang dimaksud dengan desa menurut Sutardjo Kartohadikusuma mengemukakan bahwa desa adalah suatu kesatuan hukum dimana bertempat tinggal suatu masyarakat pemerintahan sendiri.
Masyarakat pedesaan ini ditandai dengan pemilikan ikatan perasaan batin yang kuat sesama warga desa, yaitu perasaan setiap warga/anggota masyarakat yang amat kuat satu dengan yang lain.
 
 
 
Penjelasan: Di dalam gambar ini dijelaskan metode-motode untuk komunikasi dengan yang memiliki cara yang berbeda-beda. Untuk urban community atau masyarakat perkotaan mayoritas dari mereka selalu menggunakan gadget dimanapun mereka berada tanpa melihat kondisi satu dengan yang lain secara langsung. Berbeda dengan sistem masyarakat pedesaan,mereka berkomunikasi secara langsung dengan masyarakat lainnya dan melakukan sesuatu hal secara bersama-sama sehingga akan menimbulkan kekompakan antar warganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar